Belajar Ngaji di Pinang

Alamat Belajar Ngaji di Pinang


KEUTAMAAN BELAJAR DAN MENGAJARKAN AL-QURAN 

“Sesungguhnya beberapa orang yang senantiasa membaca kitab Allah serta kerjakan salat serta menafkahkan sebahagian dari rejeki yang Kami anugerahkan pada mereka dengan diam-diam serta terang-terangan, mereka itu menginginkan perniagaan yang akan tidak tidak untung, supaya Allah menyempurnakan pada mereka pahala mereka serta menaikkan pada mereka dari karunia-Nya. Sebenarnya Allah Maha Pengampun sekali lagi Maha Mensyukuri”. 

(Faathir : 29-30). 

Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan satu hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, kalau Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 
 خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ 

“Sebaik-baik kalian yaitu orang yang belajar Al-Qur`an serta mengajarkannya. ” 

Tetap dalam hadits kisah Al-Bukhari dari Utsman bin Affan, namun dalam redaksi yang agak berlainan, dijelaskan kalau Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,  
 إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ 

“Sesungguhnya orang yang paling penting diantara kalian yaitu yang belajar Al-Qur`an serta mengajarkannya. ” 

Dalam dua hadits diatas, ada dua amalan yang bisa buat seseorang muslim jadi yang paling baik diantara saudara-saudaranya sesama muslim yang lain, yakni belajar Al-Qur`an serta mengajarkan Al-Qur`an. Pasti, baik belajar maupun mengajar yang bisa buat seorang jadi yang paling baik disini, tidak dapat terlepas dari keutamaan Al-Qur`an tersebut. Al-Qur`an yaitu kalam Allah, firman-firman-Nya yang di turunkan pada Nabi-Nya lewat penghubung Malaikat Jibril Alaihissalam. Al-Qur`an yaitu sumber pertama serta referensi paling utama dalam ajaran Islam. Karna keutamaan yang tinggi berikut, yang buat Abu Abdirrahman As-Sulami –salah seseorang yang meriwayatkan hadits ini– ikhlas belajar serta mengajarkan Al-Qur`an mulai sejak jaman Utsman bin Affan sampai masa Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi. 

Hadis ini tunjukkan juga akan keutamaan membaca Alquran. Satu saat Sufyan Tsauri di tanya, manakah yang engkau sayangi orang yang berperang atau yang membaca Alquran? Ia berkata, membaca Alquran, karna Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang belajar Alquran serta mengajarkannya pada orang lain”. Imam Abu Abdurrahman As-Sulami tetaplah mengajarkan Alquran sepanjang empat puluh th. di mesjid agung Kufah karena sebab ia sudah mendengar hadis ini. Setiap saat ia meriwayatkan hadis ini, senantiasa berkata : “Inilah yang mendudukkan saya di kursi ini”. 

Al Hafiz Ibnu Katsir dalam kitabnya Fadhail Quran halaman 126-127 berkata : Arti dari sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang belajar Alquran serta mengajarkan pada orang lain” yaitu, kalau ini sifat-sifat beberapa orang mukmin yang ikuti serta meneladani beberapa rasul. Mereka sudah menyempurnakan sendiri serta menyempurnakan orang yang lain. Hal tersebut adalah paduan pada faedah yang terbatas untuk diri mereka serta yang menyebar pada orang yang lain. 

DariAbdullah bin Masud ra., ia berkata : Rasulullah saw. bersabda kepadaku : Bacakan Alquran kepadaku. Saya ajukan pertanyaan : Wahai Rasulullah, saya mesti membacakan Alquran pada baginda, sedang pada bagidalah Alquran di turunkan? Rasulullah saw. bersabda : Sebenarnya saya suka apabila dengarkan dari orang selainku. Lalu saya membaca surat An-Nisa’. Saat hingga pada ayat yang berbunyi : {Maka bagaimana (perihal orang kafir kelak), bila Kami menghadirkan seseorang saksi (rasul) dari masing-masing umat serta Kami menghadirkan engkau (Muhammad) jadi saksi atas mereka itu (umatmu). } Saya angkat kepalaku atau dengan mendadak ada seorang ada di sampingku. Serta saat saya angkat kepalaku, saya lihat beliau mencucurkan air mata. Sahih Muslim No : 1332 

Imam Nawawi berkata Ada banyak hal yang bisa dipetik dari hadis ini, salah satunya : sunat hukumnya dengarkan bacaan Alquran, merenungi, serta menangis saat mendengarnya, serta sunat hukumnya seorang memohon pada orang yang lain untuk membaca Al Quran supaya dia mendengarkannya, serta langkah tersebut lebih mantap untuk mengerti serta mentadabburi Al Quran, dibanding dengan membaca sendiri. 

“Orang yang membaca Al-Qur’an sedang dia mahir mengerjakannya, nantinya memperoleh tempat didalam Syurga bersama dengan rasul-rasul yang mulia sekali lagi baik. Sedang orang yang membaca Al-Qur’an, namun dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun serta terlihat agak berat lidahnya (belum juga lancar), dia juga akan memperoleh dua pahala. ” (Kisah Bukhari & Muslim) 

“Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur’an yaitu seperti buah Utrujjah yang baunya harum serta rasa-rasanya enak. Perumpamaan orang mukmin yg tidak membaca Al-Qur’an seperti buah kurma yg tidak berbau tengah rasa-rasanya enak serta manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an yaitu seperti raihanah yang baunya harum tengah rasa-rasanya pahit. Serta perumpamaan orang munafik yg tidak membaca Al-Qur’an yaitu seperti hanzhalah yg tidak berbau tengah rasa-rasanya pahit. ” (Kisah Bukhari & Muslim) 
“Sesunggunya Allah swt mengangkat derajat sebagian kelompok manusia dengan kalam ini serta merendahkan derajat kelompok yang lain. ” (Kisah Bukhari & Muslim) 

“Bacalah Al-Qur’an karna dia akan tiba pada hari Kiamat jadi juru syafaat untuk pembacanya. ” (Kisah Muslim) 

“Tidak dapat iri hati, terkecuali pada dua seperti orang : yakni orang lelaki yang di beri Allah swt pengetahuan mengenai Al-Qur’an serta diamalkannya selama malam serta siang ; serta orang lelaki yang dianugerahi Allah swt harta, lalu dia menafkahkannya selama malam serta siang. ” (Kisah Bukhari & Muslim) 

Rasulullah saw bersabda, Allah berfirman : “Barangsiapa disibukkan dengan membahas Al-Qur’an serta mengatakan nama-Ku, hingga tidak pernah memohon kepada-KU, jadi Saya beri padanya sebaik-baik pemberian yang Saya beri pada beberapa orang yang memohon. Serta keutamaan kalam Allah atas pengucapan yang lain yaitu seperti, keutamaan Allah atas makhluk-Nya. (Kisah Tirmidzi) 

“Sesungguhnya orang yg tidak ada dalam rongga tubuhnya suatu hal dari Al-Qur’an yaitu seperti tempat tinggal yang rubuh. ” (Kisah Tirmidzi) 

“Dikatakan pada pembaca Al-Qur’an, bacalah serta naiklah dan bacalah dengan tartil seperti engkau membacanya didunia karna kedudukanmu yaitu pada akhir ayat yang engkau baca. ” (Kisah Abu Dawud, Tirmidzi serta Nasa’I) 

“Barangsiapa membaca Al-Qur’an serta mengamalkan berisi, Allah menggunakankan pada ke-2 orang tuanya di hari kiamat satu mahkota yang sinarnya semakin bagus daripada cahaya matahari di bebrapa tempat tinggal didunia. Jadi bagaimana responmu pada orang yang mengamalkan ini. ” (Kisah Abu Dawud) 

Abdul Humaidi Al-Hamani, berkata : “Aku ajukan pertanyaan pada Sufyan Ath-Thauri, manakah yang lebih engkau gemari, orang yang berperang atau orang yang membaca Al-Qur’an? ” Sufyan menjawab : “Membaca Al-Qur’an. Karna Nabi saw bersabda. ‘Orang yang paling baik diantara anda yaitu orang yang belajar Al-Qur’an serta mengajarkannya. ” 

Arti dari belajar Al-Qur`an disini, yakni pelajari langkah membaca Al-Qur`an. Bukanlah pelajari tafsir Al-Qur`an, asbabun nuzulnya, nasikh mansukhnya, balaghahnya, atau beberapa pengetahuan beda dalam ulumul Qur`an. Walau beberapa pengetahuan Al-Qur`an ini penting juga dipelajari, tetapi hadits ini mengatakan kalau pelajari Al-Qur`an yaitu lebih paling utama. Pelajari Al-Qur`an yaitu belajar membaca Al-Qur`an dengan dibarengi hukum tajwidnya, supaya bisa membaca Al-Qur`an dengan tartil serta benar seperti saat Al-Qur`an di turunkan. Karna Allah serta Rasul-Nya begitu suka pada seseorang muslim yang pintar membaca Al-Qur`an. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ 
. (متفق عليه) “

“Orang yang pintar membaca Al-Qur`an, dia dengan beberapa malaikat yang mulia serta taat. Sedang orang yang membaca Al-Qur`an dengan terbata-bata serta berat melafalkannya, jadi dia memperoleh dua pahala. ” (Muttafaq Alaih) 

Serta dalam Al-Qur`an dijelaskan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk membaca Al-Qur`an dengan tartil, 

ورتل القرءان ترتيلا. (المزمل : (4) 

“Dan bacalah Al-Qur`an dengan setartil-tartilnya. ” (Al-Muzzammil : 4) 

Mengenai arti dari mengajarkan Al-Qur`an, yakni mengajari orang yang lain langkah membaca Al-Qur`an yang benar berdasar pada hukum tajwid. Seumpamanya mengajarkan beberapa pengetahuan beda pada umumnya atau mengemukakan beberapa pengetahuan yang dipunyai pada orang yang lain yaitu perbuatan mulia serta memperoleh pahala dari Allah, pasti mengajarkan Al-Qur`an lebih paling utama. Bahkan juga saat Sufyan Ats-Tsauri di tanya, mana yang lebih paling utama pada berjihad di jalan Allah serta mengajarkan Al-Qur`an, dia menyebutkan kalau mengajarkan Al-Qur`an lebih paling utama. Ats-Tsauri mendasarkan gagasannya pada hadits ini. 

Akan tetapi, walau orang yang belajar Al-Qur`an yaitu sebaik-baik orang muslim serta mengajarkan Al-Qur`an pada orang yang lain juga sebaik-baik orang muslim, pasti semakin lebih baik serta paling utama sekali lagi bila orang itu memadukan keduanya. Tujuannya, orang itu belajar langkah membaca Al-Qur`an sekalian mengajarkan pada orang yang lain apa yang sudah dipelajarinya. Serta, dari hadits ini dapat juga dipahami, kalau orang yang mengajar Al-Qur`an mesti alami fase belajar terlebih dulu. Dia mesti telah sempat belajar membaca Al-Qur`an terlebih dulu. Sebab, orang yang belum juga sempat belajar membaca Al-Qur`an, namun dia berani mengajarkan Al-Qur`an pada orang yang lain, jadi apa yang diajarkannya juga akan banyak kekeliruannya. Karna dia mengajarkan suatu hal yg tidak dia kuasai ilmunya

Biografi BTQ Ali Bin Abi Thalib

BTQ Ali Bin Abi Thalib didirikan secara bersama dibawah naungan Yayasan Keluarga Bahagia Mandiri yang dipimpin oleh ustad Jaelani ash-shiddiq, beliau telah menempuh pendidikan di MA ponpes islamic center bin baz Yogyakarta.
Dan menyetorkan hafalan kepada Masyaikh yang bernama Syaikh Abdul Karim As-silmy Al-Jaaairy dan mendapatkan sanad/ijazah Al-Qur'an Qiro'ah 'Ashim riwayat Hafs dari jalur Syatibiyyah dan Thoyyibatun Nasyr dan juga menyetorkan 2 kitab yang masyhur dalam dalam ilmu tajwid yaitu kitab Tuhfathul Athfal dan kitab Muqaddimah AlJazary.

Visi BTQ Ali Bin Abi Thalib
Mencetak generasi peradaban yang berakhlaq mulia sesuai Al-Qur'an.

Misi BTQ Ali Bin Abi Thalib
Mengajarkan metode musyafahah/talaqi.
Mencetak penghafal kitab pondasi ilmu syari'ah.

Target Pembelajaran

Kelas Reguler dan Mahasiswa
-Target belajar 3 tahun
-Mampu menghafal Al-Qur'an minimal 3 juz
-Mampu menghafal dan memahami kitab Matan Al-Jazary dan Tuhfathul Athfal beserta syarahnya.
-Menguasai Qaoidah bahasa Arab
-Pengambilan sanad dan sertifikat
-Pembekalan menjadi guru Qur'an.

Kelas Anak
-Target belajar 4 tahun
-Membaca Al-Qur'an dengan baik
-Menuliskan Al-Qur'an dengan rapih
-Mampu menghafal Al-Qur'an minimal 2 Juz
-Mampu menghafal hadits pilihan anak sebanyak 48 hadits
-Mampu menghafal do'a harian anak sebanyak 48 do'a
-Mampu menghafal Kitab Matan AlJazary dan Matan Tuhfathul Athfal

Contact Person
Muhammad Al-Qori : 0896-2250-6811
Naseh Budiawan   : 0857-1631-6663

Kami sangat yakin dengan konsep BTQ Ali Bin Abi Thalib ini. Karena BTQ Ali Bin Abi Thalib adalah lembaga pendidikan Al-Qur'an bagi Anak-anak dan orang Dewasa. Dengan konsep pembelajaran yang mengikuti Al-Qur'an dan As-sunnah, berdasarkan kitab-kitab para ulama salaf ilmu tajwid. Dengan harapan bisa mencetak generassi pencinta, pembaca dan penghafal Al-Qur'an yang memiliki keahlian dibidangnya. Dengan mengikuti bacaan Nabi Muhammad S.A.W, para sahabat dan para ulama yang sholih dengan sanad keilmuan yang shohih.

Info Belajar Ngaji di Pinang

Hasil Pencarian Google

Jasa Les Privat Bimbel Al-Quran dan Guru Ngaji Tangerang 
guruprivatagamablogspotcom/2015/01/jasa-les-privat-bimbel-al-quran-danhtml
Bagi Kaum Muslimin warga ibu kota Tangerang dan sekitarnya yang membutuhkan bimbingan belajar Al-Qur'an dan Agama Islam , Kami bersedia mengirim 
Les Privat Belajar Baca Iqra dan Al-quran Tangerang - Home | Facebook
s//wwwfacebookcom/Les-Privat-Belajar-Baca-Iqra-dan-Al-quran-Tangerang-15
Les Privat Belajar Baca Iqra dan Al-quran Tangerang 164 likes Guru Les Privat Baca Tulis Al-Quran (mengaji / Qiraah), Ibadah, Agama Islam di Tangerang
Les Privat Belajar Baca Iqra dan Al-quran Tangerang - Beranda 
s//id-idfacebookcom/Les-Privat-Belajar-Baca-Iqra-dan-Al-quran-Tangerang-15
Les Privat Belajar Baca Iqra dan Al-quran Tangerang, Kota Tangerang 164 suka Guru Les Privat Baca Tulis Al-Quran (mengaji / Qiraah), Ibadah, Agama
Les Privat Mengaji Tangerang 085732690659 (SMS-TELP-WA)
lesprivatmengajibctangerangblogspotcom/
3 Sep 2017 - Les Privat Mengaji Tangerang 085732690659 (WA-SMS-TELP)  Bagi anda yang ingin belajar mengaji secara privat mendatangkan guru ke 
Peta belajar ngaji di tangerangmap expand icon
Urutkan menurut 
Peringkat 
Jam buka 
Les Privat Tangerang
1,6 km · Kota Tangerang, Banten · 0813-1133-0077
Buka 24 jam
SITUS WEB
RUTE
Rumah Metor jakarta
4,0 
 (1) · Kantor Perusahaan
17,4 km · Kota Tangerang Selatan, Banten · (021) 7561257
Buka hingga 2000
RUTE
Bilqis Center Indonesia
4,8 
 (9) · Masjid
18,2 km · Kota Tangerang Selatan, Banten · 0821-1172-2400
Buka hingga 1700
SITUS WEB
RUTE
KURSUS AL QUR'AN DI TANGERANG ~ Les Privat Mengaji 
lesprivatmengajibctangerangblogspotcom/2017//kursus-al-quran-di-tangeranghtm
21 Mar 2017 - KURSUS AL QUR'AN DI TANGERANG | Kami tawarkan untuk semua umat muslim yang menginginkan bisa membaca Al-Quran dengan benar 
tempat belajar membaca alquran untuk orang dewasa Archives 
cendekiaprivatcom/tag/tempat-belajar-membaca-alquran-untuk-orang-dewasa/
2 Apr 2017 - Kelebihan Belajar Mengaji dari Guru Privat Ngaji Guru privat ngaji merupakan  Tidak hanya pandai membaca al quran, guru mengaji juga dapat  Guru Ngaji Privat ke Rumah Jakarta Tangerang Selatan dan Bekasi · Guru 
Les Privat Mengaji ke Rumah Anak Anak Remaja dan Dewasa 
s//cendekiaprivatcom/guru-les-privat-mengaji-iqra-al-quran-ke-rumah-anak-ana
29 Apr 2017 - Guru les privat mengaji Iqra Al Quran Anak Anak Remaja dan  dan bimbingan belajar mengaji yang di kota depok, tangerang, bekasi, dan 
Guru Privat Ngaji Tangerang | Jasa Les Privat Bimbel Al-Quran dan 
s//guruagamaislamwordpresscom/
Les privat agama islam sd smp sma Tangerang adalah sebuah kegiatan yang di tawarkan oleh lembaga bimbingan belajar di Tangerang dalam dunia 
MTQ BINA ALQUR'AN | Memasyarakatkan Bacaan Tartil dan 
s//binaalquranwordpresscom/
(Belajar dari NOL - Khusus DEWASA) Dibimbing langsung oleh Abi  Bagi kamu yang susah cari waktu/tempat untuk bimbingan belajar ngaji, jangan lewatkan 
Belajar Membaca Al Quran dari Nol dengan Program DIROSA 
belajarislamcom/belajar-membaca-al-quran-dari-nol-dengan-program-dirosa/
Apakah anda belum bisa membaca Al Qur'an & ingin belajar membaca Al Qur'an dari Nol? Apakah Anda menginginkan proses yang cepat dan tepat belajar 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Ngaji di Tangerang

Belajar Ngaji di Ciledug

Belajar Ngaji di Cikokol